Waspadailah Penyakit Kusta

Penyakit Kusta
Waspadailah - Penyakit Kusta
Apa itu Penyakit Kusta?

Kusta adalah penyakit menular yg menahun, dimana menyerang kulit, saraf, dan organ lain yg disebabkn oleh micobacterium leprae. kusta  menular dari penderita ke orang lain dlm jangka waktu lama,  2-5 thn.

Pada zaman dahulu penyakit kusta adalah penyakit yang paling mengerikan, E. W.C. Masterman pernah menulis tentang penyakit kusta. Penyakit kusta ini dimulai mungkin hanya dengan bintil-bintil kecil yang kemudian bernanah. Lalu nanah tersebut keluar, bulu mata rontok, mata membelalak-belalak, tali suara di kerongkongan pun bengkak, suara menjadi parau, serta nafas terengah-engah. Tangan dan kaki pun mulai berbintik dan bernanah. Bintik bernanah itu tumbuh terus tanpa pernah bisa kering. Lama-lama si penderita akan penuh dengan bintik-bintik yang agak besar.

Penyakit Kusta bisa juga dimulai dengan hilangnya rasa pada bagian-bagian tubuh tertentu. Hal itu berarti sistem saraflah yang terkena, sehingga ada otot-otot yang melemah, namun ada juga urat otot yang mengencang sehingga jari-jari tangan mencengkeram terus menerus. Lalu muncullah bintul-bintul pada tangan dan kaki. Dan disusul oleh lepasnya jari-jari tangan dan kaki tersebut dan pada akhirnya mungkin tangan dan kaki itu sendiri ikut lepas.

Tanda dan gejala penyakit kusta 

Pada kulit, berupa  bercak keputihan atau kemerahan atau bercak mengkilap  yg

  • mati rasa
  • tidak gatal
  • tidak berambut, tidak mengeluarkan keringat 

Pada  saraf, berupa rasa nyeri/sakit pada saraf, rasa lemah/lumpuh pada otot wajah (pada mata sebabkan tidak bisa menutup rapat) & anggota gerak, kulit kering, retak2.

Perlu juga dicurigai:

  • kesemutan atau rasa tertusuk-tusuk.
  • Gangguan gerak anggota badan dan otot wajah.
  • Adanya cacat.
  • Adanya luka yg tdk sembuh2.

Cara Penularan Penyakit Kusta:

  • Kusta  menular dari penderita ke orang lain dlm jangka waktu  lama,  2-5 thn.
  • Penularan terutama terjadi pd orang-orang yg setiap hari di sekeliling penderita [misal: orang2 serumah penderita].

Dengan mengetahui tanda dan gejala awal ini diharapkan masyarakat menjadi tahu sehingga dapat segera tertolong dan dapat berperan aktif membantu petugas kesehatan dalam menemukan penderita baru untuk segera di bawa berobat ke Puskesmas terdekat.
Obat Kusta
Obat Kusta

Related Posts:

1 Response to " Waspadailah Penyakit Kusta"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.