Tips Atasi Konstipasi (Sembelit) Anak

Tips Atasi Sembelit Anak
Foto-Ilustrasi Ketika Anak Kesakitan BAB.
Ini adalah kisah cerita yang dialami oleh anaku sebut saja namanya Tabina Hasna Purnomo. Saat itu usianya 2 (dua) tahun 11 (sebelas) bulan. Pada usianya yang mencapai 2,5 Tahun beberapa bulan yang lalu anak saya tiba-tiba mengalami Konstipasi.

Konstipasi adalah kedaan dimana anak anda merasakan sakit pada saat mereka buang air besar. Keadaan ini dapat disebabkan oleh bermacam-macam alasan. Salah satunya mungkin karena makanan yang dimakan oleh anak-anak anda tidak cocok dengan saluran pencernaannya. Istilah dikenal juga susah BAB [Buang Air Besar] atau sering disebut bebelen [bahasa: Jawa] atau sembelit. Bentuk fecesnya biasanya mengeras. 

Cerita ini saya kisahkan dari anak saya, setiap mau BAB anak saya seperti ketakutan dan harus dibujuk sedemikian rupa sehingga kurang lebih satu jam menunggu BAB nya tidak mau keluar. Tak jarang saya juga beberapa kali memberikan obat pencahar BAB yang banyak di Jual di apotek-apotek dengan merek antara lain Dulco***. Beberapa kali obat pencahar tersebut diberikan anak saya sepertinya sudah paham dan juga ketakutan samapai-sampai cara kami memasukkan ke anusnya harus di dengan dipegangi 3 orang [di pontheng: istilah jawa].  Dalam hati saya sangat kasihan dan menangis batin dengan kejadian yang di alami oleh anak saya ini.

Kemudian saya ber-angan sendiri dan bertanya-tanya dalam hati apakah penyebabnya karena Susu formulanya? apa kurang encer apa terlalu kental? sampai segala cara membuat susu dilakukan dari diencerkan sampai dengan di buat kenthal alhasil BAB nya juga masih susah keluar.

Kemungkin ini yang menjadi salah satu penyebabnya, berawal ketika akan dik Tabina berangkat ke PAUD selalu di kasih eyang putrinya Susu Kotak dengan berbagai Rasa (Strawbery, Coklat, Vanila, Dll) akhirnya itu menjadi sebuah kebiasaan yang tidak bisa di tinggalkan. Akhirnya pemberian susu kotak tersebut saya hentikan barangkali itu adalah beberapa penyebab sembelit anakku.

Semua Angan-angan kami dari penyebab-penyebab tersebut saya hentikan semua ternyata tidak membuat perubahan secara signifikan terhadap Sembelit Tabina. Samapai akhirnya saya "konsultasi juga dengan Mbah Google". Sampai akhirnya saya membaca Tips Atasi Sembelit Anak dari beberapa portal berita informasi kesehatan serta blog-blog saya coba pemberian tepung Pati Kanji dengan di campur susu formula. Hari itu juga saya langsung action karena saya sudah kasihan dengan trauma dan tangisannya. 

Untuk dosis pemberian Tepung Pati Kanji ini diawal sebaiknya di coba dulu sebanyak 6 (enam) sendok makan dalam sehari. Pemberian Tepung Pati Kanji ini sebaiknya gunakannlah merek yang sudah terkenal karena akan terjamin proses dan Ke- Higienisannya. Untuk pengalaman Pribadi saya menggunakan merek Tepung R**e B***d. Perlu ibu-ibu/bapak-bapak ketahui bahwa tepung kanji yang di masukkan ke dalam botol susu formula yang akan dibuat sebaiknya di masukkan dalam air yang tidak terlalu panas karena akan menyebabkan kanji tersebut tidak bisa larut bercampur dengan susu dan akan mengendap di bawah.

Tata Cara Pembuatanya untuk Atasi Sembelit Anak adalah sebagai berikut:

  • Siapkan Air Panas dgn suhu sesuai anjuran Susu Formula.
  • Masukkan susu Formula seperti biasanya dengan takaran yang sudah hapal ya tentunya utk ibu/bapak yang biasa membutkan.
  • tambahkan sedikit air dingin agar susu formula dalam botol tersebut agak turun suhu airnya.
  • kemudian masukkan 1 (satu) sendok makan Pati Kanji.
  • Kemudian kocok beberapa kali sampai benar-benar larut.
  • Perbandingan menurut pengalaman saya setiap susu Formula untuk ukuran 160-180 ml di berikan 1 (satu) sendok makan.

Silahkan tunggu saja setelah pemakaian 3 (hari) maksimal anak akan BAB dan yang paling penting dia punya keinginan BAB. Karena ada dorongan Mules2 di dalam perutnya.
Pengalaman saya setelah di terapi dengan pati kanji BAB Tabina Lancar meskipun kadang2 menghilangkan traunya masih agak sulit. dan Biasanya kalo sudah terasa di dalam perutnya mulas-mulas itu pun seringnya ditahan sampai dia selalu bilang "Tidak Nge-ngek" (bahasa Jawa : Red). Setelah pemakain pati kanji itu meskipun di tahan-tahan oleh tabina tetap saja ada dorongan yang keras dari dalam perutnya sehingga selalu Feces nya keluar.

Diawal-awal kadang mencretnya (berupa cairan) keluar duluan seperti ketika di berikan obat pencahar. Sampai saat ini BAB Tabina sudah lancar dan sudah tidak menggunakan obat-obat pencahar lagi. Saya selalu berdo'a kepada Alloh agar di sembuhkan Trauma Anak saya. karena bagaimanapun juga sekuat tenaga kita membujuk Anak yang trauma BAB untuk bisa mengajak BAB di WC pasti ketakutan karena masa lalu BAB yang sakit. Untuk disela-sela susu formula saya juga memberikan suplemen tambahan berupa Madu Khusus Anak. (maklum tinggal ambil di etalase sendiri...hehe)

Mudah-mudahan sembelit [konstipasi] anak-anak ibu/bapak segera disembuhkan oleh Alloh dan kembali normal karena semua terjadi juga atas izin-NYA. Aamiin.

Related Posts:

13 Responses to "Tips Atasi Konstipasi (Sembelit) Anak"

  1. thanks buat infonya gan,, sangat bermanfaat sekali..

    http://goo.gl/JFnbsG

    ReplyDelete
  2. Terimaksi bismillah akan saya coba. Gak tega nglihat anak selalu konstipasi 

    ReplyDelete
  3. anak saya 2 tahun sangat susah bab selama seminggu lebih.Berbagai cara saya lakukan,memberikannya pepaya mulai dari yg dipotong2 dadu sampai dibuatkan jus tapi lama kelamaan anak sy bosan jg,susu diencerkan,bahkan sudah 3x kali ganti merk susu,anak sy termasuk yg tidak susah makan..sayuran pun tidak pilih2 tapi kenapa masih susah bab ya..akhirnya karena sudah putus asa saya pun membelikan obat pencahar merk mix.....Tapi sampai kapan anak sy bisa seperti ini.Sampai akhirnya saya menemukan salah satu blog manfaat tepung kanji dan sama seperti penjelasan diatas saya mencampurkan tepung kanji merk rose...hampir seminggu sy pakai tep.kanji.walaupun 3x anak saya baru bisa bab tapi itu sudah lumayan fesesnya sudah tidak keras lagi..

    ReplyDelete
  4. Anak sya berumur 14bulan BAB jga tdk lancar setiap hari, skli bab pasti ank sy seperti ketakutan... Dan bab nya juga keluar darah... Yg sya tanyakan untuk anak 14bulan berapa ukuran tepung kanji yang diberikan

    ReplyDelete
  5. Di faraj alias alat kelamin kamu ada kutil? kamu mesti tahu Penyebab Kutil guna pukas Alias memek dikarenakan faktor ini mesti diwaspadai.

    Apa sih semestinya kutil kelamin itu?? Kutil kelamin ialah ihwal merambat seksual yg disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Kutil kelamin bersituasi datar atau menonjol dgn anak cabang (pedunkulata) seperti bunga kol, rata-rata berkembang terhadap sarana kelamin dan negeri seputar dubur. mutu lain semenjak masalah ini ialah Kondiloma, kondiloma akuminata, jengger ayam. Kutil rata-rata tak menyakitkan, sebaliknya bisa menghadirkan gatal-gatal.

    dulu dengan cara apa tampilan kutil kelamin?? penampakan kutil bervariasi, permulaan memang datar hingga brutal seperti bunga kol. Kutil sanggup demikian datar maka tak nampak dgn salah lihat telanjang, malahan sanggup menyusun nyeri dan gatal. Mereka mampu unjuk dengan cara sendiri-sendiri atau berkelompok. untuk cowok, kutil kelamin kebanyakan unjuk di penis atau di lembah kulup. Kutil kelamin tambah bisa unjuk di pada saluran kemih, biasanya
    cuma kepada meatus saluran kencing awal( saluran kencing di sirah penis). untuk perempuan, kutil kelamin kelihatan terhadap farji, labia atau saluran kemih. apik terhadap cowok ataupun perempuan, kutil mampu unjuk buat rektum dan tanah sekitarnya. Kutil kelamin ditularkan terpenting lewat jalinan seksual. pada pertanyaan yg langka, penularan mampu berjalan dengan cara tak cepat sesudah memanfaatkan handuk yg terkontaminasi. bocah tambah bisa terinfeksi

    sewaktu kiat kelahiran.

    meski tak terlampaui membahayakan kutil kelamin mesti serentak ditangani lho. pengidap Kutil Kelamin yg sudah terinveksi disarankan kepada serta-merta lakukan pengobatan secepat gaya-gayanya sebelum Virus HPV penyebab kutil kelamin semakin tidak sedikit tumbuh( tumbuh) di dekat sel pembawaan, semakin uzur dibiarkan bakal memperparah keadaan peranggu vital dikarenakan kutil kelamin bakal tengah mengembang maka tampak seperti jengger ayam, kepada pesakit yg baru tertular sinting permulaan tunggal bln kebanyakan bakal lebih segera ditanggulangi. memusnahkan Virus HPV tak serupa dgn pengobatan reguler. resep yg di melaksanakan oleh rata-rata wong bagi memberantas kutil kelamin yaitu bersama rumus pembedahah atau pemotongan, formula ini pasti mengutamakan kapital yg tak singkat.

    Bila pertanyaan masih belum terpecahkan silahkan menghubungi dokter spesialis Klinik apollo pada wawancara lebih lanjut di Hotline No. (021)-62303060.

    Atasi kulup panjang dengan cepat | obat ampuh kulup panjang

    Ejakulasi dini dan pengobatannya | Klinik apollo sunat murah

    Dokter spesialis | Free Chat

    ReplyDelete
  6. Serius ya mam, anak saya sekarang sedang sembelit, setia hari takut BAB, sedih rasanya kalau setiap BAb pakai obat pencahar..

    ReplyDelete

  7. wihh nice info, saya pengunjung setia web anda
    kunjung balik, di web kami banyak penawaran dan tips tentang kesehatan
    Ada artikel menarik tentang obat tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit berat, cek yuk
    http://goldengamat.biz/obat-tradisional-stroke/

    ReplyDelete
  8. Nice info bunda....anak saya juga lagi sembelit.umur 2 tahun 4 bulan.pake mikrolax udah gak mempan.saya mau coba pake cara ini.tapi kalo boleh tau tepung kanji itu sama gak ya sama aci?

    ReplyDelete
  9. setiap pemberian susu apakah slalu ditambahkn kanji? misal: susu 2x shari biasanya, apakah kanji nya jg diberikan 2x sehari, setiap pemberian susu??

    ReplyDelete
  10. Saya juga sdh mencoba untuk ank saya yg berumur 1 thn,, dia juga dri umur 5 bulan sdh mengalami sembelit dan usia menginjak 10 bulan smpe skrng sembelit parah dan tiap bab selalu menangis jerit2,,sdh di coba berbagai cara sellu sama dan ga ada hasilnya smpai dia jua trauma diberi pencahar dri micr**ax,, trs stelah googling dan menemukan saran penggunaan tepung kanji... Alamdulillah bab ga drama nangis lg walau kdng ga tiap hri babnya.

    ReplyDelete
  11. Teimksh infox bund,akan sya coba,krn sya pun gak tega meliht anak sya mnglmi kskiTan,.. Semoga lekas sembuh ,.amin

    ReplyDelete
  12. Sama nih bunda anak aku juga sbelit umurnya 2th 11 bln baru nyoba kemaren susu dikasih kanji to belum bab juga mungkin gak langsung bab ya habis dikasih kalau boleh tau susu dicampur asi tiap kali bikin susu ya mohon pencerahannya bunda trimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai tema, gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no porn, no spam). Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau titip link, akan dimasukan ke folder SPAM. Terima Kasih.